-->

5 Fakta VTube, dari Diblokir Kominfo sampai Investasi Ilegal

screenshoot aplikasi v tube di playstore



Media sosial kemarin hari terbaru tengah ramai tentang software yg disebut mampu menghasilkan uang tunai hanya dengan melihat video saja. Salah satu software tersebut merupakan VTube. Untuk meminilasir kejadian yg tak diinginkan, pemerintah melewati Kementerian Komunikasi serta Informatika ( Kominfo) telah memblokir halaman mutlak VTube. Sebelumnya, Kominfo juga telah memblokir software serupa yakni TikTok Cash.

1. Diblokir Kominfo

Kominfo telah memblokir website resmi Vtube pada Minggu, (14/2/2021). Pemblokiran ini dilakukan atas permintaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diketahui, OJK meminta Kominfo untuk memblokir website VTube yg tergabung dalam PT Future View Tech lantaran terindikasi sebagai skema money game.

2. Masih mampu dibuka

 Meski telah diblokir, tetapi software VTube tetap mampu dibuka serta tetap mampu diunduh di PlayStore (untuk pemakai Android). Sementara, software VTube tak terdapat di AppStore (untuk pemakai iOS).


3. Skema referral

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing mengatakan, dalam software VTube terdapat skema referral di mana anak buah VTube mampu memperoleh poin tambahan dengan mengundang orang-orang lain bergabung maupun upgrade level misi. Poin ini juga didapat anak buah dari melihat iklan pada VTube. Menurutnya, skema ini seperti dengan yg dipakai pada perjuangan penjualan eksklusif alias yg dikenal multi level marketing (MLM). Pada skema ini, penggunanya tak boleh memakainya untuk penawaran jasa.poin yg diperoleh dari melihat iklan itu mampu ditukarkan dengan uang tunai.

4. Poin mampu diperjualbelikan

Selanjutnya, poin yg telah didapatkan anak buah mampu diperjualbelikan serta naik peringkat. Tongam mengatakan, perbuatan ini mampu berpotensi merugikan masyarakat. Kendati demikian, ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati serta cermat. Sebab, modus ini biasanya menjanjikan keuntungan tak wajar dalam waktu singkat, menjanjikan bonus dari perekrutan orang-orang baru, serta lainnya.

5. Investasi Ilegal

Di segi lain, Tongam memberi tau bahwa software dengan skema serta modus tersebut tak mempunyai legalitas yg jelas. Ia menyebutkan, legal artinya masyarakat butuh teliti legalitas lembaga serta produknya. Kemudian, mampu juga memeriksa apakah kegiatan alias produk yg ditawarkan serta ingin diikuti telah mempunyai izin perjuangan dari instansi terkait alias belum.

Apabila telah ada izin, pastikan apakah kegiatannya sesuai dengan izin perjuangan yg dimiliki alias tidak. "Bisa sehingga hanya mendompleng izin yg dimiliki, padahal kegiatan alias produk yg dilakukan tak sesuai dengan izinnya," ujar Tongam. Terkait perizinan, faktor ini tak rutin bersumber dari OJK. Jika kegiatannya berupa perdagangan, jadi izin akan dikeluarkan dari pihak Kementerian Perdagangan (Kemendag). Ada baiknya masyarakat untuk rutin menerapkan prinsip legal serta logis sebelum melakukan sebuah investasi.

0 Response to " 5 Fakta VTube, dari Diblokir Kominfo sampai Investasi Ilegal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel