-->

Update CPNS 2019: Pengajuan Penetapan NIP Ditutup pada 31 Januari 2021




Badan Kepegawaian Nasional ( BKN) akan menutup pengajuan penetapan Nomor Induk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (NI PPPK) pada 31 Januari 2021. Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, serta Kerja sama BKN, Paryono mengatakan, prosesnya telah sesuai target. "NI PPPK ini juga dalam proses penyelsaian hingga 92 persen, maka tinggal kurang lebih 8 persen lagi penyelesaiannya," kata Paryono


Pegawai yg telah terdaftar 

Data pengajuan NI PPPK yg telah masuk di BKN hingga Jumat (29/1/2021) pukul 15.00 sebanyak 39.504 pegawai. Dari 51.293 PPPK yg lolos, baik honorer K2 maupun tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THL TBPP), separuhnya telah memasukkan pengajuan NI PPPK pada Desember 2020. Dari 8 persen yg belum melakukan pengajuan, Paryono tidak mampu menginformasikan instansi mana saja yg belum menyelesaikan pengajuan. "Jadi semua instansi telah masuk, telah kami selesaikan. Kalau rincian instansi saya tidak mampu lihat," ucap Paryono.

Mencetak SK

Dari data di atas, Paryono menyatakan, jumlah pengajuan telah mencapai sasaran maka kecil kemungkinan ada PPPK yg tidak memperoleh Surat Keputusan (SK). "Sudah selesai, (memang) targetnya semacam itu," kata Paryono. Percepatan penetapan NIP PPPK ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi Nomor 72 Tahun 2020 yg menyebutkan, penerbitan NIP PPPK diterima pejabat pembina kepegawaian (PPK) paling lambat 25 hari kerja semenjak waktu penyampaian. Paryono mengingatkan, setiap instansi yg telah melakukan pengajuan hanya butuh menantikan serta mencetak SK. Pegawai juga mampu segera bekerja serta mendapatkan gaji sesuai aturan yg ditetapkan. "Kalau ini telah semua, telah mendaftarkan ya tinggal menantikan saja. Kalau menantikan ini kalau terbukti telah dicetak SK-nya, kelak diterbitkan juga surat perintah melaksanakan tugas. Sudah pribadi mampu bekerja, juga gajinya telah pribadi mampu dibayarkan," kata Paryono.

 Paryono mengingatkan, dalam proses penetapan NIP ini tidak jarang terjadi beberapa modus penipuan. BKN mengingatkan supaya masyarakat berhati-hati serta tidak mudah memercayai apabila ada yg mengiming-imingi sesuatu terkait proses CPNS 2019. Jika memperoleh info yg meragukan, diimbau untuk menghubungi BKD setempat alias BKN regional alias pusat. Salah satu modus penipuan yg dipakai merupakan melakukan penipuan dengan meminta sejumlah uang sebagai bukti bahwa peserta CPNS telah mendapat penetapan NIP. Perlu diketahui, penetapan NIP hanya dilakukan oleh mereka yg telah ikut seleksi CPNS serta lolos. Selanjutnya, penetapan NIP diusulkan instansi serta tidak ada pungutan anggaran dalam proses penetapan NIP di BKN.

 

0 Response to "Update CPNS 2019: Pengajuan Penetapan NIP Ditutup pada 31 Januari 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel