-->

Mengenal Telegram, Aplikasi Pesan yg Sedang Dilirik Banyak Orang




Aplikasi pesan WhatsApp dikabarkan tengah mengalami penurunan pemakai dengan cara signifikan pada awal 2021. Justru software pesan lainnya, Telegram, mengalami peningkatan jumlah pengguna, yakni kurang lebih 1,7 juta unduhan aplikasi.

Turunnya pemakai WhatsApp diduga sebab WhatsApp mulai memberlakukan kebijakan privasi serta persyaratan layanan baru di aplikasinya.

Para pemakai WhatsApp juga memperoleh notifikasi terkait pengumuman tersebut. Dalam notifikasi, WhatsApp memberi tau ada tiga pembaruan yakni para pemakai diminta memberi tau data ke Facebook, apabila ingin masih memakai WhatsApp. Diketahui, kebijakan baru ini akan mulai berlaku pada 8 Februari 2021. Kendati begitu sejumlah pihak aktivis privasi meyarankan penggunanya untuk berlih memakai software pesan serupa, umpama Telegram.

Lantas, apa itu Telegram serta apa saja keunggulannya?

Dilansir dari FOX News (13/1/2021), Telegram memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan teks, video serta audio alias gambar dengan enkripsi AES simetris 256-bit. Menurut profil perusahaan, software ini adalah salah satu dari 10 software yg paling tak sedikit dipakai di dunia, dengan lebih dari 500 juta pemakai aktif. Saat pengoperasian, Telegram juga tak mempunyai iklan, artinya software ini tak akan sempat menunjukkan jalan masuk terhadap pihak ketiga ke data pengguna.

Sementara, dalam pemberitaan The Telegraph (25/2/2014), Telegram terbukti sekilas terkesan semacam WhatsApp. Sebab, penggunanya hanya memerlukan no penerima untuk mengirim pesan terhadap pemakai lain. Antar pemakai juga bisa mengobrol dengan cara individu alias dalam kelompok.

Selain itu, tanda "dibaca" alias "belum dibaca" pada Telegram, pun mirip dengan WhatsApp, yakni centang dua untuk terkirim serta belum dibaca., centang berwarna biru untuk pesan yg sudah terbaca. Aplikasi ini pun mendukung panggilan video privasi. Lebih lanjut, Telegram menunjukkan penggunanya fitur untuk mengirimkan foto, video, GIF, stiker, serta lainnya.

Menariknya, pada Telegram tersedia pengatur waktu penghapusan berdikari pada teks/pesan serta gambar yg dikirimkan dalam "obrolan rahasia". Waktu penghapusan ini juga bisa diatur sesuai selera, misal dua detik sampai seminggu lamanya. Tak hanya itu, Telegram juga teruji keamanan data eksklusif penggunanya, yg dikaitkan dengan algoritme teruji waktu yg menggabungkan keamanan dengan pengiriman serta keandalan berkecepatan tinggi.


Obrolan rahasia

Pada fitur "obrolan rahasia", dibekali dengan enkripsi ujung-ke-ujung. Artinya, tak ada orang-orang lain tidak hanya pengirim serta penerima yg bisa menyimak pesan, bahkan staf Telegram sekalipun. Pesan dialog rahasia tak bisa diteruskan ke orang-orang lain di luar percakapan, serta tak ada jejak yg tersisa di server mereka.

Berdasarkan The New York Times (2/5/2018), tipe enkripsi yg dipakai Telegram merubah pesan menjadi kode tanpa bantuan server di tengah, jadi hampir tak mungkin untuk memperoleh jalan masuk komunikasi antara dua pemakai tanpa persetujuan mereka. Diketahui, Telegram memakai protokol perpesanan amannya sendiri yg disebut MTProto. Namun, kekuatan sistem itu diperdebatkan lantaran tak ada yg tahu bagaimana tutorial kerjanya serta tak sedikit analisis keamanan yg sudah dilakukan, melainkan tak seaman yg dipikirkan tak sedikit orang.


0 Response to " Mengenal Telegram, Aplikasi Pesan yg Sedang Dilirik Banyak Orang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel