-->

India Mulai Program Vaksinasi Covid-19 Terbesar di Dunia, Pekerja Sanitasi yg Pertama





India telah mengawali acara vaksinasi Covid-19 paling besar di dunia. Negara tersebut berupaya untuk mengimunisasi lebih dari 1,3 miliar penduduknya.  Pekerja sanitasi bernama Manish Kumar menjadi orang-orang pertama di India yg disuntik vaksin Covid-19 pada Sabtu (16/1/2021). Kumar mendapatkan suntikannya di institut terkemuka Delhi, yaitu All-India Institute of Medical Sciences (AIIMS), salah satu sentra vaksinasi di India.

Prioritas vaksin

India memprioritaskan perawat, dokter, serta pekerja garis depan lainnya dalam vaksinasi awal ini. Saat meluncurkan acara vaksinasi Covid-19 paling besar di dunia, Perdana Menteri Narendra Modi terkesan menitikkan air mata. "Penyakit itu memisahkan orang-orang dari keluarga mereka, menjauhkan bunda dari anak-anak mereka," kata Modi terhadap petugas kesehatan melewati konferensi video, dikutip dari Reuters, Sabtu (16/1/2021). "Mereka yg meninggal sebab penyakit itu bahkan tidak dapat memperoleh perpisahan terbaru dengan keluarga mereka," lanjutnya.

 Modi belum berkata apakah dirinya akan ikut ambil bagian dalam acara vaksinasi itu. Menurutnya, politisi tidak akan dianggap sebagai pekerja garis depan.

Target vaksinasi

Pada hari pertama kampanye vaksinasi, India menargetkan untuk menyuntikkan vaksin terhadap kurang lebih 300.600 orang. Pemerintah mengklaim, angka itu merupakan yg paling besar di dunia. Dengan populasi hampir 1,4 miliar orang, India merupakan negara terpadat di dunia seusai China, namun pemerintah berkata tidak akan menyuntikkan vaksin terhadap semua orang-orang untuk mencapai herd immunity. Dengan jumlah itu, India berencana akan melakukan vaksinasi terhadap kurang lebih 300 juta orang-orang dengan dua dosis dalam enam sampai delapan bulan pertama tahun ini.

Jenis vaksin

Warga tidak dapat memilih antara vaksin Covid-19 dari AstraZeneca alias vaksin dukungan pemerintah yg dikembangkan oleh Bharat Biotech India dengan tingkat kemanjuran belum diketahui. Antrean pertama untuk vaksin merupakan kurang lebih 30 juta pekerja kesehatan serta pekerja garis depan lainnya, semacam petugas kebersihan serta keamanan.

Kemudian diikuti oleh kurang lebih 270 juta orang-orang yg berumur di atas 50 tahun alias dianggap berisiko tinggi sebab keadaan medis yg telah ada sebelumnya. Pemerintah telah membeli 11 juta dosis suntikan AstraZeneca Covishield yg diproduksi oleh Serum Institute of India serta 5,5 juta dari Covaxin Bharat Biotech. Menurut regulator obat India, AstraZeneca mempunyai efektifitas sebesar 72 persen, sementara Bharat Biotech berkata akibat uji coba bagian terbaru Covaxin diinginkan pada Maret 2021.

Kasus Covid-19 di India

Hingga dikala ini, kurang lebih 10,5 juta orang-orang di India terinfeksi virus corona, 151.000 di antaranya meninggal dunia. Kendati demikian, angka infeksi Covid-19 di India telah menurun dari puncaknya pada September 2020.

:

0 Response to " India Mulai Program Vaksinasi Covid-19 Terbesar di Dunia, Pekerja Sanitasi yg Pertama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel