-->

Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Android Ketika Mengalami Overheat

 


Apakah kalian pernah merasakan suhu HP sangat panas? Jika kalian pernah mengalaminya, kejadian ini dinamakan overheat. HP rentan terkena overheat apabila dipakai secara terus-menerus. Tanpa disadari, akibat dari overheat pada HP dapat merusak kinerja HP tersebut. Jadi jangan biarkan ketika HP mengalami overheat. Penyebab HP mengalami overheat sangat beragam. Simak beberapa penyebab di bawah ini agar kalian bisa menghindari HP mengalami overheat.

Penyebab HP Android mengalami overheat:

·         Main game terlalu lama

Memainkan game terlalu lama dapat menyebabkan HP dan baterai cepat panas karena membuat kinerja GPU HP bekerja terlalu keras. Jika hal ini terjadi tidak hanya cepat panas tapi baterai juga akan habis.

·         Menonton video streaming terlalu lama

Menonton video streaming membutuhkan koneksi internet. Nonton dengan koneksi internet membutuhkan daya yang cukup besar. Sebab itulah HP akan menjadi panas jika daya besar yang dikeluarkan terlalu lama.

·         Faktor lingkungan

Tidak hanya faktor manusia atau perangkat itu sendiri, lingkungan yang panas juga dapat menyebabkan HP mengalami overheat. Jadi hindari perangkat Android dengan sinar matahari langsung.

·         Terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersamaan

Kadang saat menggunakan HP, kita tidak menyadari bahwa sudah banyak aplikasi yang terbuka tanpa kita tutup kembali. Semakin banyak aplikasi yang terbuka maka HP akan semakin panas.

·         Pengaturan yang belum optimal

Kamu harus mengecek keadaan HP, beberapa pengaturan seperti tingkat kecerahan, banyaknya widget dan like wallpaper dapat menyebabkan HP cepat panas dan baterai cepat habis.

Cara mengatasi overheat pada HP Android.:

·         Menggunakan Charger Original

Beberapa orang berpikir menggunakan casan yang bukan berasal dari produk asli HP tidak menyebabkan masalah yang serius. Namun hal ini salah, menggunakan HP yang tidak jelas keasliannya dapat merusak baterai dan membuat HP mengalami overheat bahkan saat dicas. Jadi apabila charger HP rusak belilah charger baru yang asli.

·         Kurangi multitasking

Sebisa mungkin jangan menggunakan aplikasi aktif secara bersamaan. Walaupun hp-mu mendukung adanya performa untuk melakukan multitasking, Tapi alangkah baiknya jika kegiatan ini dikurangi agar HP tidak cepat panas dan baterai cepat habis.

·         Istirahatkan HP dari bermain game dan streaming secara terus-menerus

Kegiatan streaming atau bermain game secara terus-menerus memang bukan multitasking, hanya satu aplikasi yang digunakan terlalu lama secara terus-menerus. Jadi siapa suruh HP sudah dirasa cukup panas, matikan HP dan istirahatkan hingga suhu kembali normal.

·         Cek kondisi baterai

Usia baterai juga dapat mempengaruhi HP cepat mengalami overheat.  Biasanya performa baterai akan berkurang setelah 3 tahun pemakaian. Jadi apabila performa baterai sudah tidak baik, alangkah baiknya mengganti baterai dengan yang baru.

·         Perhatikan 'ventilasi'

Jangan biasakan menaruh HP di tempat yang ketat seperti saku celana jeans ataupun baju. Hal ini dapat menyebabkan HP mengalami overheat. hal ini juga berlaku jika kamu menaruh HP di tempat yang tertutup. Jadi apabila kamu menyimpan HP di tempat yang tertutup, keluarkan HP sesekali untuk mendapatkan udara segar.

·         Menggunakan aplikasi 'pendingin'

Saat hp sudah mengalami overheat, kamu bisa memakai aplikasi yang dapat melakukan pendinginan pada HP. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu HP saat mengalami overheat, yaitu Cooling Master, Cooler Master dan lain sebagainya. Beberapa aplikasi tersebut dinilai ampuh dalam menurunkan suhu hp HP jika mengalami overheat.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Android Ketika Mengalami Overheat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel