-->

HP Android-mu Sering Mati Dengan Sendirinya? Begini Cara Mengatasinya

 


Apakah kamu pernah mengalami HP milikmu mati dengan sendirinya ketika dipakai secara tiba-tiba? Alat elektronik seperti HP kerap terjadi beberapa masalah seperti mati atau merestart tanpa apa kita yang mengaturnya. Kejadian seperti ini memang sangat mengganggu apalagi kita tengah menggunakan HP tersebut pasti akan menghambat sesuatu hal yang sedang kita kerjakan. HP mati secara tiba-tiba atau merestart dengan sendirinya bisa terjadi pada semua merk dan tipe HP berbasis Android jenis apapun. Hal seperti ini tentunya bisa terjadi karena beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan hal yang terjadi beserta cara mengatasinya di antaranya:

1. Sistem Crash

Terjadinya crash pada sistem Android biasanya diawali dengan kerja HP yang lambat bahkan macet, lag dan sejenisnya sebelum pada akhirnya HP itu akan mati dengan sendirinya. Penyebab dari kejadian ini bisa karena ROM yang terlalu penuh dan sistem yang tidak stabil.

Cara mengatasinya:

·         Update sistem

Pembaruan atau update sistem ini dilakukan oleh vendor HP dalam jangka waktu tertentu. Fungsinya untuk membuat sistem perangkat Android yang sudah ada menjadi lebih stabil serta menambahkan versi terbaru. Jadi apabila vendor merilis update dari perangkat Android jangan malas untuk memperbaruinya ya.

·         Membersihkan Cache

Cache atau sampah yang menumpuk yang tidak dibuang akan memperberat kinerja dan memenuhi memenuhi perangkat Android, jadi anda harus dibersihkan agar RAM dari cache agar penyimpanan kembali memiliki ruang.

·         Reset pabrik

Mereset pabrik atau mengatur ulang perangkat Android ke pengaturan awal 80% dapat mengembalikan fungsi perangkat tersebut seperti semula serta ROM akan kosong. Namun dengan sebelum melakukan ini kalian harus mem-backup semua data karena data akan hilang yang secara menyeluruh.

2. Baterai HP rusak

Baterai HP rusak bisa disebabkan dengan penggunaan HP dengan tidak semestinya atau umur baterai yang sudah tua.

Cara mengatasinya : mengganti baterai dengan yang baru.

3. Overheat

Overheat adalah keadaan dimana HP dalam keadaan terlalu panas. Jika komponen HP atau chipset dalam perangkat suhunya terlalu tinggi, maka HP sengaja dimatikan oleh sistem untuk mencegah terjadinya kerusakan karena suhu tinggi tersebut pada perangkat HP. Hal ini disebabkan karena banyaknya penggunaan aplikasi secara bersamaan.

Cara mengatasinya :

·         Tidak mengoperasikan HP saat dicas, pastikan juga Anda menggunakan charger yang asli bukam yang palsu, karena charger palsu dapat merusak HP pada perangkat Android.

·         Matikan bluetooth dan GPS

·         Jangan membuka aplikasi secara bersamaan

·         Istirahatkan HP saat suhu sudah terlalu tinggi.

4. Efek samping root

rooting HP pada perangkat Android memang biasa dilakukan oleh sebagian orang untuk menambahkan fungsi atau fitur dari HP tersebut. Sebenarnya manfaat dari rooting ini juga banyak, tapi di sisi lain melakukan rooting juga bisa menimbulkan efek samping termasuk membuat HP mati secara tiba-tiba.

Cara mengatasinya :

·         Unroot HP untuk menghilangkan akses root yang telah dibuat

·         Jika masih ingin menggunakan root, gunakan juga aplikasi tambahan atau Tweak guna menstabilkan kondisi HP.

5. Terdapat komponen yang rusak

Spesifikasi komponen yang rusak berbeda-beda pada tiap perangkat, bisa terjadi kerusakan ringan seperti konektor pada baterai atau berat karena sudah mengenai komponen IC.

Cara mengatasinya:

·         Melakukan reset pada HP dan mengganti baterai dengan yang baru.

·         Jika melakukan reset dan mengganti baterai belum membuahkan hasil, maka kamu hatus perbaiki pada tempat service HP

Nah jadi itulah beberapa penyebab serta solusi mengatasi masalah tersebut, apabila keadaan HP belum membaik segera cek HP pada tempat service terdekat. Semoga bermanfaat!

0 Response to "HP Android-mu Sering Mati Dengan Sendirinya? Begini Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel