-->

Hindari Kebiasaan Ini, Tanpa Disadari Bisa Merusak HP Android!

 


Smartphone atau HP saat ini menjadi alat elektronik yang sangat penting dalam kehidupan. Sejak ada smartphone semuanya bisa menjadi lebih mudah. Kita bisa menghubungi seseorang yang bahkan berbeda benua hanya dengan menggunakan Smartphone yang terkoneksi dengan internet. Kita tidak perlu lagi mengirim surat hanya untuk bertukar informasi karena sudah ada aplikasi chatting pada smartphone. Dengan berbagai kepentingan ini maka kamu harus menjaga kondisi HP tetap baik dan tidak terjadi masalah. Tapi tahukah kamu terdapat kebiasaan yang sering dilakukan dan dianggap sepele, namun bisa merusak smartphone milikmu. Simak kebiasaan buruk dibawah ini supaya kalian bisa mengantisipasinya agar tidak terjadi padamu.

1. Membiarkan daya HP terlalu lama kosong

Di dalam baterai HP berisi sel-sel baterai yang berfungsi untuk menampung daya listrik. Sel-sel tersebut akan mulai tidur jika daya listrik saat baterai habis. Jika semua sel kehilangan daya listrik yang barus ditampungnya, bisa membuat proses 'membangunkan' pada sel baterai akan semakin lama. Kondisi terparah nya apabila sel baterai kehilangan kemampuan atau tidak bisa lagi penyimpan daya listrik. Jenis adaan darurat usahakan selalu membawa powerbank, dan jangan biarkan baterai terlalu kosong dengan waktu yang lama.

2. Mencharger HP dengan charger mobil

Saat menggunakan USB car charger, kita tidak mengetahui apakah output yang dihasilkan itu stabil. Jika tidak stabil apalagi saat keadaan jalan tidak rata, hal itu dapat menyebabkan arus yang masuk malah bisa merusak komponen yang ada di dalam HP Android.

3. Kebiasaan numpang nge-charge

Kebiasaan ini bisa dibilang cukup sering dilakukan oleh sebagian orang. Mungkin kalian anggap ini tidak akan menjadi masalah. Entah karena lupa atau karena malas untuk membawa charger, pinjam charger orang lain yang kadang tidak setipe dengan HP Android yang dimilikinya. Padahal jika terus-menerus menggunakan charger bukan bawaan HP, hal itu akan menyebabkan proses isi ulang HP kamu akan semakin lambat, karena lambat itulah maka baterai akan cepat rusak dan akan mengalami overheat.

4. Charge HP semalam penuh

Kebiasaan ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, bahkan sering sekali terjadi seseorang men-charge HP dan dibiarkan semalaman. Hal ini sangat berbahaya dan dapat merusak hp kamu loh. Jika anda ingin mengisi ulang daya baterai saat tidur, ada baiknya kamu membeli adaptor yang dibekali dengan timer.

5. Menyimpan smartphone di saku celana ketat

Memiliki kebiasaan menaruh HP pada celana ketat dapat membahayakan HP dan orang tersebut. HP akan beresiko mengalami goresan dan tertekuk. Karena tertekuk ini bisa menyebabkan HP bengkok dan baterai bisa-bisa meledak dan mengakibatkan luka bakar pada pemilik HP. Jadi mulai sekarang jangan menaruh HP pada celana ketat lagi ya.

6. Membiarkan HP mengalami overheat

HP yang mengalami overheat dapat merusak komponen yang ada di dalam perangkat Android. HP diciptakan bekerja antara suhu -10 derajat sampai 35 derajat Celcius. Jika suhu HP melewati suhu tersebut maka dipastikan HP kamu akan lebih cepat rusak. Kemudian hindari menaruh HP di dalam mobil yang terkena sinar matahari langsung karena cuaca panas juga dapat memicu HP mengalami  suhu panas yang berlebihan.

Itu dia kebiasaan kecil yang dianggap sepee dan tanpa disadari sering dilakukan dan dapat menyebabkan HP Android cepat rusak. Dengan menghindari hal-hal diatas semoga HP kamu tetap awet.

0 Response to "Hindari Kebiasaan Ini, Tanpa Disadari Bisa Merusak HP Android!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel