-->

Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Membeli Smartphone Berbasis Android

 


Smartphone adalah alat teknologi yang paling sering digunakan oleh manusia saat ini. Setiap jam bahkan setiap menit dihabiskan untuk memainkan benda dengan sejuta manfaat ini. Smartphone terus berkembang dari hari ke hari. Para produsen Smartphone juga terus mengeluarkan seri terbaru dari produk andalan mereka. Bukan hal asing lagi bila seseorang selalu ingin mengganti Smartphone dengan seri terbaru karena tergiur akan fitur-fitur atau spesifikasi yang lebih canggih dibandingkan Smartphone yang dimiliki sebelumnya.

Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android termasuk yang paling banyak digunakan oleh semua orang di dunia. Dengan harga yang lebih terjangkau smartphone berbasis Android juga memiliki spesifikasi yang bagus bahkan ada yang melebihi kualitas Smartphone yang diproduksi oleh Apple. Itu semua tergantung dengan seri serta spesifikasi yang dimiliki oleh tiap Smartphone. Produsen yang menggunakan sistem operasi Android sangatlah banyak, bahkan seri yang dikeluarkan juga bervariasi. Terdapat beberapa kriteria yang menentukan seberapa bagus kualitas Smartphone. Jadi ada baiknya sebelum kalian membeli smartphone incaran kamu, simak faktor penentu kualitas Smartphone di bawah ini:

·         Ketahanan usia Smartphone

Usia Smartphone merupakan salah satu faktor penentu kualitas Smartphone. Usia ketahanan Smartphone jika dihitung rata-rata hanya mencapai 4,7 hingga 5 tahun. Setelah melebihi itu biasanya performa yang dimiliki oleh smartphone tersebut akan berkurang bahkan bisa mati total. Jika pun masih bertahan, fitur yang dimiliki tidak bisa terupgrade atau diperbaharui lagi. Sebenarnya ketahaan usia Smartphone juga tergantung pada cara pemakaian si pemilik. Apabila si pemilik Smartphone tidak menjaga menjaganya dengan baik maka perangkat tersebut bisa cepat rusak dari waktu biasanya.

·         Ketahanan desain

Yang diperbincangkan desain disini bukanlah sekedar tampilan atau keindahan dari Smartphone tersebut, melainkan kekokohan fisik dari suatu perangkat. Faktor tersebut bisa dilihat dari bahan yang digunakan oleh Smartphone serta seberapa kuat rangka tersebut dari air dan juga bantingan. Ini berarti semakin kokoh desain suatu Smartphone maka semakin berkualitas.

·         Dapur pacu

Dapur pacu atau mesin termasuk penentu utama berkualitasnya suatu Smartphone. Yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone adalah CPU, ROM, RAM, Processor dan beberapa chipset lainnya. Spesifikasi dapur pacu ini sangat mempengaruhi sensitifitas serta performa dari Smartphone tersebut.

·         Kekuatan menangkap sinyal

Tak dielakan lagi pada zaman digital 4.0 ini. Kekuatan sinyal dan jaringan menjadi kebutuhan yang paling utama saat menggunakan Smartphone. Selama 10 tahun terakhir jaringan terus berkembang pesat. Dimulai dengan jaringan 2G, 3G, H+, 4G LTE dan sekarang yang paling terbaru adalah 5G. 

·         Kelengkapan fitur

Kualitas sebuah smartphone juga ditentukan oleh kelengkapan fitur bawaan dari perangkat tersebut. Fitur ini seperti wi-fi, hotspot, pemutar MP3, bluetooth, video dan lain-lain. namun yang sering menarik perhatian pembeli dari suatu produk Smartphone adalah resolusi fitur kamera yang ditawarkan. Sekarang sudah banyak Smartphone yang memiliki fitur kamera bahkan lebih dari satu. Lalu apabila Smartphone yang anda pilih mempunyai fitur pemindai QR, video slow motion, visibilitas serta fitur yang tidak semua dimiliki oleh Android lain, tentu akan menjadi nilai tambah dari Smartphone tersebut.

·         Spesifikasi dan harga

Sebelum Anda membeli Smartphone, pertimbangkan spesifikasi yang ditawarkan dengan harga yang dibanderol pada suatu perangkat Android. Perhatikan kesesuaian harga yang dibanderol dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Smartphone tersebut.

0 Response to "Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Membeli Smartphone Berbasis Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel