-->

Activity Diagram - Keuntungan, Kerugian dan Aplikasi Penggunaan!

Activity diagram menggambarkan perilaku alur kerja aktual suatu sistem dalam Teknologi Informasi. Activity diagram sangat mirip dengan state Diagram karena aktivitas adalah keadaan aktual dari melakukan sesuatu. Activity diagram menggambarkan keadaan aktual aktivitas suatu sistem dengan menunjukkan semua urutan aktivitas yang dilakukan. Activity diagram dapat menunjukkan aktivitas yang kondisional atau paralel.


 Kapan Menggunakan: Diagram Aktivitas

 Activity diagram harus digunakan sejalan dengan teknik pemodelan lainnya seperti diagram interaksi dan diagram State. Alasan utama di balik menggunakan diagram aktivitas adalah untuk memodelkan alur kerja di balik sistem yang dirancang. Activity Diagram juga berguna untuk menganalisis use case dengan menjelaskan tindakan apa yang perlu dilakukan dan kapan harus terjadi, menggambarkan algoritma sekuensial yang rumit dan aplikasi pemodelan dengan proses paralel.

 Keuntungan diagram aktivitas:

 Bahasa pemodelan UML termasuk bahwa diagram aktivitas biasanya mudah dipahami oleh analis dan pemangku kepentingan. Menurut ZaranTech dalam UML untuk IT Business Analyst, "Diagram aktivitas adalah yang paling berguna bagi BA TI untuk menggambarkan alur kerja [karena] mudah dimengerti 'baik untuk BA dan pengguna akhir." Karena mereka adalah salah satu diagram yang paling mudah digunakan, mereka umumnya dianggap sebagai alat penting dalam daftar analis. Selain itu, sebagaimana dinyatakan di atas, diagram aktivitas memungkinkan analis untuk menampilkan berbagai kondisi dan aktor dalam alur kerja melalui penggunaan swimlanes. Swimlanes, bagaimanapun, adalah opsional karena satu kondisi atau aktor biasanya ditampilkan tanpa mereka.

Kerugian diagram aktivitas:

Bahasa pemodelan UML mencakup bahwa diagram aktivitas berpotensi menjadi terlalu rumit karena sifatnya yang ramah pengguna dapat memberikan deskripsi lengkap. Dengan kata lain, karena sangat mudah untuk menampilkan informasi yang terkait dengan proyek, mengapa tidak memasukkan semua itu? Ketika seorang analis memiliki proyek besar, membuat diagram tunggal yang terlalu rumit bisa menjadi godaan. Namun, seperti yang dicatat oleh seorang penulis, "jika Anda menggunakan diagram aktivitas untuk menentukan struktur alur kerja, Anda tidak boleh mencoba untuk mengeksplorasi beberapa level grafik aktivitas hingga ke level paling 'atom'". Sebagai gantinya, seorang analis harus mencoba untuk menyajikan diagram baru untuk setiap alur kerja, atau jika lebih berlaku, untuk menggunakan swimlanes untuk menghadirkan aktor yang berbeda dalam alur kerja yang sama.

 Aspek lain dari diagram aktivitas adalah bahwa mereka tidak dapat digunakan sebagai pengganti diagram keadaan atau diagram urutan karena "diagram aktivitas tidak memberikan detail tentang bagaimana objek berperilaku atau bagaimana objek berkolaborasi." Ini bukan kerugian per se, tetapi penting bagi analis untuk diingat ketika menerapkan diagram pada pekerjaan mereka. Sebagai kesimpulan, diagram aktivitas cukup mudah untuk dipahami, dan akan berguna bagi sebagian besar proyek karena mereka menunjukkan dengan jelas dan moderat cara kerja berbagai hal. "Tidak seperti banyak teknik pembuatan diagram, diagram aktivitas juga memungkinkan penggambaran beberapa pilihan dan aktor dalam alur kerja, dan mereka bahkan mudah diikuti oleh pengguna non-teknis

 Aplikasi diagram aktivitas: Diagram aktivitas telah diperluas untuk menentukan aliran di antara langkah-langkah yang mentransmisikan materi fisik (mis., Bensin) atau energi (mis., Torsi, tekanan). Perubahan tambahan memungkinkan diagram untuk lebih mendukung perilaku berkelanjutan dan aliran data kontinu. Spesifikasi UML 2 secara signifikan memperpanjang fitur dan skala diagram aktivitas di luar klasifikasi mereka sebelumnya sebagai kasus khusus diagram keadaan. Saat ini, diagram aktivitas dapat dianggap sebagai diagram alir untuk abad ke-21, dan pemodel UML menggunakan diagram aktivitas untuk menggambarkannya. Juga, diagram aktivitas ini berguna dalam metode berikut: Aturan Bisnis Fungsi yang terjadi dalam rantai paralel paralel dari beberapa kasus penggunaan Aliran perangkat lunak dan konfigurasi kontrol logika Prosedur dengan titik penilaian dan aliran alternatif Kasus penggunaan tunggal

0 Response to "Activity Diagram - Keuntungan, Kerugian dan Aplikasi Penggunaan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel