-->

Apakah Anda Tahu Mengapa Kursor Miring ??




Mouse yang kita gunakan, pernahkah memperhatikan, mengapa bentuknya miring 45 derajat? Ada alasan dibalik itu.


Pada tahun 1968, Douglas Englebart membuat mouse dan bentuk kursornya adalah tegak lurus. Saat mesin XEROX PARC (Palo Alto Research Center) dibuat, bentuk kursor dibentuk miring 45 derajat. Alasannya pada jaman tersebut resolusi layar masih rendah. Sehingga sulit membedakan dengan objek (tegak lurus) lain.


Demikian jawaban Bart Gijssens – seorang pengembang software dari Belgia – dikutip dari  situs Stock Exchange. Jadi ini tentang mencari solusi dari masalah piksel resolusi yang rendah pada jaman itu.





Bila diperhatikan, kursor miring juga memudahkan memposisikan kursor saat hendak meng-klik. ”Teknologi” kursor miring ini lalu diadopsi oleh Steve Jobs dan Bill Gates dan masih dipertahankan walau teknologi resolusi piksel semakin berkembang. Baik komputer anda Windows atau Mac OS, Linux dan sebagainya, kursor miring 45 derajat tetap digunakan.

Oh satu hal lagi, tahukah anda, XEROX yang membuat PARC merupakan perusahaan mesin foto kopi pertama di dunia. Mereka juga berjualan scanner, kertas, printer, proyektor dan barang-barang perlengkapan kantor. Yang unik mereka tidak lagi berjualan komputer.

0 Response to "Apakah Anda Tahu Mengapa Kursor Miring ??"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel