Teknologi Robot Masa Depan



Robot sekarang sudah dirancang untuk meringankan keperluan manusia, diantaranya ada sistem robot yang diatur untuk menjadi pelayan dirstaurant. kecanggihan teknologi menjadikan semua fungsi manusia dialihkan ke sistem robotik karena dianggap ini akan menjadi lebih efisien.
sistem robot rumah tangga sudah dipakai di sebagian negara maju seperti china, robot diprogram untuk mengerjakan pekerjaan manusia dirumah seperti mengepel, menyapu, mengantarkan makanan dan lainnya.

 misalkan diperusahaan makanan ,robot  bekerja sebagai juru masak. Restoran Spyce di Boston, Amerika Serikat  sudah menggunakan konsep robotic kitchen. Empat lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengembangkan dapur robot yang canggih.

robot ini sendiri bertugas memasak setiap pesanan makanan pengunjung. Terlihat mesin robot berupa wadah memasak yang bisa berputar otomatis. Butuh waktu sekitar 3 menit untuk robot memasak makanan.



Kualitas makanan yang dibuat robot tak perlu dikhawatirkan. Mereka mengolah bahan-bahan segar dan berkualitas yang menyehatkan. Cara kerjanya, pelayan bertugas memasukkan bahan hingga bumbu makanan ke 7 robot pemasak. Robot lalu mengolah semuanya tanpa bantuan manusia sama sekali.

dibawah ini robot yang digemparkan akan merubah dunia

1. ASIMO

Asimo adalah robot humanoid yang dirancang oleh Honda. Robot ini dikembangkan dengan tujuan untuk membuat robot yang dapat berhasil hidup berdampingan dengan manusia.

Robot Asimo sudah mengalami beberapa tahap pengembangan. Asimo kini telah mempunyai kemampuan kecerdasan yang semakin meningkat seperti mengenali wajah lawan bicaranya, serta mengenali suara manusia yang sedang berinteraksi dengannya. Dua kekampuan tersebut telah mampu diterapkan Asimo dalam waktu yang bersamaan.

Kemampuan lainnya yang dimiliki robot Asimo versi terbaru adalah dapat berjalan cepat, berjalan mundur, melompat, naik turun tangga. Asimo didesain menyerupai manusia yang menggunakan pakaian astronot dan membawa ransel di punggungnya, dengan bobot 54kg dan tinggi 130cm. Asimo diklaim dapat berlari per jamnya sekitar 6 kilometer.

2. HRP-4

HRP-4 adalah robot humanoid yang dikembangkan untuk membuktikan bahwa robot dapat hidup berdampingan dengan manusia. Didesain untuk meniru atlet dengan tubuh langsing untuk membuatnya lebih dapat diterima oleh manusia. Pengembangan HRP-4 telah dapat menangani berbagai objek sekaligus karena tubuhnya lebih kecil dan lebih ringan.

HRP-4 memiliki tinggi 151cm dan beratnya sekitar 39kg. Laptop dapat dimasukkan ke dalam tas robor HRP-4 untuk menambah fungsi robot. Selain itu robot mengenali objek wajah manusia dan dapat melacaknya.

3.  NASA Valkyrie

Salah satu robot humanoid paling canggih di dunia ini, Valkyrie dibuat oleh NASA-JSC pada tahun 2015. Robot ini memiliki berat sekitar 125kg dan berdiri di atas 180cm. NASA Valkyrie bertujuan untuk memiliki terobosan besar dalam persepsi, perencanaan gerak dan kontrol humanoid.

4. Sport Mini

Pernahkah kamu melihat episode robot Black Mirror? Boston Dynamics Spotmini terlihat seperti robot dari pertunjukan. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017, Spotmini adalah robot semua listrik. Dengan muatan sekitar 14kg pada maks, telah terbukti bergabung dengan pasukan robot sepuluh robot Spotmini untuk menarik kendaraan besar. Selain itu kemampuan robot ini dapat membuka pintu, menaiki tangga dan memiliki gerakan seperti manusia yang hampir menakutkan.

0 Response to "Teknologi Robot Masa Depan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel