-->

4Sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang



Dengan adanya komputer pekerjaan kita telah banyak diringankan baik pekerjaan pendataan, pengarsipan, pemrograman, pengaplikasian dan sebagainya. dibalik canggihnya komputer sekarang dengan berbagai macam fitur canggihnya,
komputerpun melewati beberpa fase pengembangan  mulai dari generasi ke satu sampai sekarang ini.

1. komputer generasi petama (1946-1959)

pada generasi pertama komputer masing menggunakan tabung vakum sebagai alat utamanya. karena bahan ini mudah sekali panas dan memerluka daya listrik yang besar untuk mengoprasikannya. contoh dari komputer generasi pertama seperti Electronic numerical integrator and computer (ENIAC).
 J.Presper Eckert dan John mauchly di University of Pennsylvania adalah perancang pertama komputer generasi pertama. ENIAC dibangun merekan  dengan menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki dan mempunyai berat yang mencapai sekitar 30 ton.

2. komputer generasi ke dua (1959-1965)

dari yang awalnya dibuat dengan tabung vakum, selanjutnya di era kedua ini digantikan dengan transistor sebagai bahan utamanya, era ini juga disebut dengan era transistor. penggunaan transistor untuk komputer terbilang lebih evisien, tidak memakan tempat banyak, beratya juga tidak seberat tabung vakum, dan penggunaan day listri tidak sebesar tabung vakum.

3. Komputer generasi ketiga integrated circuit (1965 – 1971)

kemudian setelah itu transistor tergeser oleh Integrated Circuit (ICs).
pada generasi ketiga ini pertama kali komputer bisa membuat operator berinteraksi dengan keyboard dan monitor, selain itu biaya dari komputer ini lebih murah sehingga nmasyarakat umum bisa menjangkaunya.
sebenarnya pada generasi ke tiga ini fungsi transistor bukan ditinggalkna nsecara penuh akan tetapu fungsinya diperkecil lagi.

4. Komputer generasi keempat microprosesor (1971 – Sekarang)

kita sekarang memakai teknologi komputer era ke 4, di era ini komkputer dibangun dengan microprosesor,memiliki ribuan transistor dan elemen-elemen yang saling berhubungan satu sama lain.

5. Komputer Generasi Kelima Artificial intelligence (Sekarang – Masa Depan)

dimasa era pengembangan generasi ke lima ini merupakan generasi pengembangan, dimana komputer dirancang untung bisa merespon manusia dan lingkunag disekitarnya, komputer dirancang untuk dapat beradaptasi sendiri dengan lingkungannya.

0 Response to "4Sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel