Tempat sampah pintar




Sampah kerap kali membuat kita jengkal, selain kotor baunya juga busuk dan membuat tidak nyaman. membaca dari situasi tersebut anak bangsa ini membuat tempat sampah pintar, mereka adalah mahasiswa dari Universitas Maria Kudus
tempat sampah pintar itu dinamai dengan T-smart++.
kelebihan dari tempat sampah ini dapat mengirimkan notifikasi bahwa sampah sudah penuh, lokasi tempat sampah pun nanti bisa kita ketahui, misalkan ada beberapa tempat sampah dirumah, kita bisa tau yang mana yang sudah penuh dana siap dibuang.

Penemu dari tempat sampah smart ini adalah tiga mahasiwa dari UMK Novi rimukti, Arsya yoga pratama, dan Bagus utomo, mereka mendapatkan dana untuk eksperimennya dari Kemenristek Dikti pada pekan kreatifitas mahasiswa.

Pada tempat sampah ini ada beberapa komponen utama yang tersusun seperti sensor jarak jauh HC SR04 yang berguna untuk membaca benda yang ada di depannya, selanjutnya sinyal yang diterima akan dikirimkan ke Motor Servo untuk membuka tempat sampah, jadi kita tidah usah repot-repot membuka sampah.

Selanjutnya da kartu khusus yang berfungsi untuk membuka tempat sampah ketika sudah penuh agar segera diambil. komponen selanjutnya ada DF Player yang berguna untuk mengeluarkan bunyi. misalkan kalian membuang sampah pada tempat sampah ini, maka respon bunyi yang dikeuarkan " terima kasih telah membuang sampah di tempatnya"
ketika sampah sudah penuh, maka akan mengeluarkan bunyi " maaf tempat sampah sudah penuh " ketika tempat sampah sudah penuh, maka otomatis tempat sampah ini tidak bisa terbuka. kemudian komponen yang digunakan selanjutnya adlah  Node MCU esp 8266 yang berfungsi mengirimkan sinyal ke internet kemudian dihubungkan ke Smartphone.
komponen yang terakhir adalah Arduino Nano yang fungsinya untuk otak CPU pemasang komponen-komponen yang lain.

harapan mereka melalui penemuan ini akan membantu masyarakat sehingga tidak terganggu lagi dengan adanya sampah yang menumpuk dimana-mana, lingkungan pun akan menjadi lebih bersih.

meskipun hasil penemuan mereka belum sempurna seutuhnya, akan tetapi ide awal ini sangat bagus untuk dikembangkan, harapannya tempat sampah semacam ini bisa digunakan kita semua dimasa depan demi mewujudkan lingkungan yang bersih.

0 Response to "Tempat sampah pintar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel