Perkembangan Revolusi Industri




Semakin lama industri kita mengalami kemajuan yang luar biasa, kemajuan yang berdampak baik bagi kita semua, tidak luput juga dengan kemmajuan industri kita. bisa kita bedakan antara industri jaman dahulu sampai jaman sekarang. mari kita merefresh dulu zaman industri dulu dengan zaman industri zaman sekarang.

1. revolusi industri 1.0

revolusi industri ini muncul sejak akhir abad ke 18 sampai awal abad ke 19. masa revolusi ini ditandai dengan ditemukannya mesin uap sebagai mekanismenya,  dengan hadirnya mesin uap ini mengalihkan dari pertanian ke manufaktur.
Peralihan ini terjadi secara masif di wilayah Britania dan Eropa pada umumnya pada tahun 1700an. Di era revolusi industri 1.0, mesin uap terus berkembang dari yang paling sederhana, hingga menjadi mesin uap yang jauh lebih efisien yang ditemukan James Watt pada tahun 1776.

2. Revolusi industri 2.0

Nah, untuk revolusi industri 2.0 terjadi pada tahun 1870-1914. Dimana ilmu pengetahuan dan produksi massal terjadi secara pesat. Hal ini didorong oleh berbagai penemuan yang mampu mempersingkat kegiatan manufaktur. Apa saja itu? Berikut inovasi yang ditemukan di era revolusi industri 2.0:

Penemuan sumber energi baru yakni listrik, minyak bumi dan gas
Penemuan teknologi conveyor belt yang memicu produksi massal kian meningkat.
Inovasi di bidang sintesis kimia yang berhasil membuat kain sintetis, pupuk kimia dan pewarna
Teknologi pesawat dan automobile di awal abad ke-20 yang mengubah cara migrasi manusia dari satu tempat ke tempat lain;
Penemuan telepon dan telegram berhasil membuat efisiensi komunikasi jarak jauh

3. Revolusi industri 3.0

Pada era ini, era digitalisasi dimulai sehingga industri manufaktur tidak perlu dikendalikan secara penuh oleh manusia. Dimulai pada paruh kedua abad ke-20 atau era millennium. Berbagai inovasi yang berhasil ditemukan di era revolusi industri 3.0 adalah:

Penemuan baru di bidang bioteknologi serta secara aktif melakukan penelitian luar angkasa;
Berkembangnya berbagai teknologi elektronik seperti transistor, semikonduktor, mikroprosesor, integrated chip. Inovasi ini berhasil membuat benda elektronik yang sebelumnya besar menjadi lebih kecil namun kualitasnya meningkat seperti komputer, , laptop, dan handphone;
Untuk pertama kalinya kontrol logika terprogram, internet dan robotik ditemukan.
Berhasil mengubah teknologi analog ke digital seperti perekam musik yang semula berbentuk  kaset ke bentuk CD
Penemuan teknologi otomasi sehingga tidak perlu dominasi tenaga manusia di bidang industri

4. Revolusi Industri 4.0

Saat ini kita telah masuk ke revolusi industri 4.0. Era dimana teknologi otomatisasi kian berkembang.  Berbagai inovasi teknologi yang menjadi penanda revolusi industri 4.0 seperti artificial intelligence (AI), 3D printing, cloud computing dan internet of things (IoT).

Era ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk sosial, gaya hidup dan ekonomi. Kesimpulannya, revolusi industri 4.0 bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan, justru membuka peluang yang semakin luas bagi kita semua untuk terus berkambang dan berkarya.

0 Response to "Perkembangan Revolusi Industri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel