-->

Kemunduran NOKIA




Masih ingatkah kamu dengan handphone Nokia, pasti dulu kita banyak yang menggunakan hp ini karena dulu kejayaan nokia sudah memuncak, banyak disekeliling kita yang menggunakan produk dari nokia, dulu produk nokia dicap sebagai produk yang canggih, awet dan tahan lama.
akan tetapi kenapa sekarang Nokia menjadi terpuruk dan pangsa pasarnya dikalahkan oleh Brand baru seperti xiomi, huawei, vivo.
mari kita bahas kenapa sekarang brand dari Nokia kurang diminati oleh konsumen;

      1.Nokia Lamban

dahulu Nokia dikenal dengan hp nya yang canggihsejak mulai meluncurkan  seri syimbian pada tahun 2002, lama-kelamaan pada tahun 2007 Apple merilis sistem operasi IOS sedangkan Nokia masih tetap dengan sistem Os nya. selanjutnya pada tahun 2008 Google mulai merilis sitem androidnya dan sampai sekarang sistem ini yang semakin laku dan diminati dipasaran. Nokia sangat lambat menanggapi hal ini sehinnga perusahaan ini harus terima terisolir oleh perusahaaan baru dengan sistem barunya.

         2.Kurangnya inovasi

disaat para pesaingnya seperti Samsung, Apple, Huawei bersaing-saing meningkatkan teknologinya, saling berlomba-lomba merebut hati konsumen, nokia masih santai-santai dengan sistem windows nya, sedangkan sistem windows ini semakin tersingkirkan dipasaran. ini menjadikan kondisi Nokia semakin terpuruk.

        3.Kurang bisa mengantisipasi kompetisi

saat Stephen Elop menjadi pemimpin perjalan mereka Nokia sudah sangat terlambat merangkul pasar smartphone. , Vendor dari Cina dan Taiwan Seperti Huawei, ZTE dan HTC memukul telak dari bawah dengan targetnya yang menyasar ke negara berkembang.

        4.Generasi Tua

di era yang sekain maju seperti saat ini tentunya konsumen menginginkan produk yang canggih dan bisa membantu pekerjaan mereka dalam berbagai aktifitas, Nokia kurang peka terhadap kondisi ini, Nopkia masih mempertahankan produk jadul mereka.

        5.Gagal implementasi strategi branding (Organisasi berseri)

nampaknya Nokia juga sudah gagal dalam implementasi branding mereka dan ini membuat kondisi mereka sangat terpuruk.
kalau dilihat lagi sebenarnya nokia memiliki produk dengan seri N dan Lumia, akan tetapi fitur-fitur yang ditanamkan pada brand mereka belum bisa membuat hati konsumen terpikat dan memilih produk mereka.

jadi kesimpulannya, yang menjadi faktor utama kegagalan Nokia dalam pasar internasional adalah kurangnya inovaski dan kurangnya nokia dalam membaca ppangsa pasar, teknologi yang semakin maju tentunya juga ditunjang dengan smartphon yang tentunya semakin canggih juga, dengan demikian Nokia tidak akan menjadi terpuruk seperti sekarang ini.

0 Response to "Kemunduran NOKIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel